Campur-Camour. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 21 April 2014

Cara Tepat Memilih Universitas Beserta Jurusannya


Teman-teman, pada kesempatan kali ini, Saya akan mencoba berbagi bagaimana supaya teman-teman bisa memilih Universitas beserta jurusannya secara tepat. Tips ini terutama ditujukan bagi teman-teman yang masih bingung nanti setelah lulus SLTA mau kuliah dimana, dan jurusannya yang bagus dan cocok itu apa.

Ok, langsung saja....

Langkah Pertama : Siapkan secarik kertas (kalo mau sekardus kertas juga boleh :)) lengkap dengan pensil atau pulpen, lalu tuliskan 3 (tiga) Universitas yang teman-teman minati (khusus kali ini kita fokus sama Perguruan Tinggi Negeri dulu yaa).
Looh…looh… kertas nya mana…??
bandel juga nih anak. Hayoo buruan ambil kertasnya…

Ok kita lanjutkan, misalnya, tuliskan kalau teman-teman  mau masuk UI, Unand, sama Undip.
Jiiiaaahhhaaa, masih ada yang nekad gak pake kertas… gimana sih kalian ini…??

Yaa sudah laah, kita lanjutkan aja… terserah teman mau nyatat dimana, di jidat juga boleh kok… :D

Langkah ke-dua : Dari ketiga universitas yang sudah dituliskan tersebut, silahkan teman-teman pilih 3 (tiga) jurusan yang paling diminati. Untuk trik-trik memilih jurusan, silahkan jawab dan renungi beberapa pertanyaan di bawah ini,

  • Saya itu nanti mau jadi apa…??
  • Setelah saya lulus kuliah, saya mau kerja dimana…??
  • Hobby saya itu apa sih…??
  • Jika saya memilih Jurusan X pada Universitas Y, apakah orang tua saya sanggup membiayai kuliah saya…??
  • Kalau seandainya Saya kuliah diluar kota, sanggup merantau gak ya…??
  • Dan  silahkan teman-teman meminta pendapat sama keluarga, bagusnya teman-teman kuliah ngambil jurusan apa.

Setelah itu pilihlah jurusan yang sesuai dengan jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas, mulai dari hobby, minat, dan nantinya mau jadi apa.

Misalnya, UI (Kedokteran, Akuntansi, dan Farmasi), Unand (Kedokteran, Teknik Sipil, dan Akuntansi), serta Undip (Kedokteran, Ekonomi Pembangunan, dan Peternakan).
Ingat yaa, hanya 3 pilihan, gak lebih dan gak kurang. Berarti sekarang teman-teman sudah memiliki gambaran 3 universitas dan 9 jurusan.

Langkah ke-tiga : Tuliskan Passing Grade setiap jurusan tersebut. Kalo belum punya silahkan nanti di cari yaa, dan biasanya tempat-tempat bimbel menyediakan daftar universitas, lengkap dengan jurusan dan passing grade tiap jurusannya. Atau bisa juga didapatkan di internet, tapi cari yg Update yaa… Jangan coba-coba cari yang tahun 1945, karena gak bakal ketemu :).

Ok, misalnya begini… ini misalnya yaa, aku juga kurang tau masalah yang satu ini.
a. Kedokteran UI = 550
b. Akuntansi UI = 540
c. Farmasi UI = 500
d. Kedokteran Unand = 520
e. Teknik Sipil Unand = 480
f. Akuntansi Unand = 490
g. Kedokteran Undip = 530
h. Ekonomi Pembangunan Undip = 470
i. Peternakan Undip = 400

Langkah ke-empat : Naah, yang paling sulit itu adalah pada langkah ini. Kenapa…?? Karena teman-teman harus benar-benar mengetahui batas kemampuan teman-teman sendiri, salah satunya adalah dengan mengikuti Try Out, karena dengan Try Out tersebut teman-teman akan mengetahui seberapa skor maksimal yang bisa teman-teman capai. Setelah itu teman akan bisa memilih 3 (tiga) pilihan di atas. Perlu teman-teman ingat, pilihlah pilihan yang realistis yaa… Misalnya skor Try Out tema-teman adalah 500, maka pilihlah yang Passing Grade nya di bawah 500, kalaupun masih ngotot memilih yang di atas 500 teman-teman harus belajar yang giat lagi, karena kalau tidak teman-teman sama saja mau ‘bunuh diri’.
Misalnya, dalam beberapa kali Try Out saya hanya memperoleh skor rata-rata 520, berarti saya harus memilih Farmasi UI, Kedokteran Unand, dan Ekonomi Pembangunan Undip. Kalaupun saya masih ngotot ingin memilih Kedokteran UI dan Akuntansi UI, berarti saya harus belajar keras lagi, atau saya harus siap-siap untuk nganggur tahun ini.

Langkah terkhir : Setelah teman-teman menentukan pilihan, maka mulai dari sekarang fokuslah pada pilihan tersebut, jangan lirik kanan kiri lagi, dan jangan sekali-kali ngikut-ngikut orang lain.
Ok yaa… itulah sedikit tips dari saya, jika teman-teman tepat dalam pola pemilihan jurusan, yakinlah teman-teman akan kuliah tahun ini.

Tapi, aku masih bingung ‘apakah tahun ini masih memakai sistim SNMPTN seperti tahun-tahun sebelumnya…??’ Kalau masih, berarti Tips ini bisa dipakai, tapi kalau tidak kita lupakan tips ini, dan kembali membahas tentang STAN.

Ok… Let’s Go… :)

***





"Say No To Copas"


0 komentar: