Campur-Camour. Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 24 Mei 2014

Bimbel Itu Penting Gak Sih…??


Karena banyak yang bertanya di grup ‘GerbangSTAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)’, “Bimbel itu penting gak sih…??”, Untuk itu tips kali ini akan membahas seberapa penting Bimbel itu terhadap kelulusan USM STAN.

Ok, berdasarkan pengalaman pribadi saya, yang kebetulan sebelum berjuang pada USM STAN Tahun 2011, saya mengikuti bimbel di kota Padang. Yaa… sebuah kota yang tidah begitu jauh dari kampung saya.

Menurut saya... bimbel itu, “
bisa jadi sangat penting, dan bisa jadi sangat tidak penting, tergantung bagaimana kita menjalaninya”.

Ok... Sebelum kita membahas tentang ‘penting atau tidaknya’ mengikuti sebuah bimbel untuk persiaoan USM STAN, mari kita simak dulu tips dan trik memilih sebuah bimbel yang berkualitas.

Berikut disajikan tips dan trik memilih bimbel yang tepat ;

1.       Sebelumnya Teman-teman memutuskan untuk mengikuti sebuah bimbel, lihat dan perhatikanlah trade record dari bimbel tersebut. Apakah setiap tahun bimbel tersebut meluluskan banyak siswa atau tidak. Terkadang bimbel tersebut menyajikan data kelulusan untuk menarik minat dengan cara mempersentasekan kelulusan siswa pertahun. Misalnya “tingkat kelulusan siswa dalam USM STAN setiap tahun adalah 100%”. Waaooww… sekilas terlihat benar-benar keren, tetapi jangan tertipu karena setelah diselidiki ternyata siswa didiknya cuma satu orang, dan kebetulan juga lulus USM STAN J. Ini misalnya yaa… J. Terus ada lagi yang memasang promosi dengan kalimat “200 siswa yang lulus USM STAN tahun 2013 adalah anak didik dari Bimbel X”. Tentunya juga sangat keren, tapi setelah diselidiki ternyata peserta bimbelnya berjumlah 10.000 siswa, jadi kalau dipersentasekan hanya sekitar 2% J. Ini juga permisalan yaa…!!

Jadi intinya adalah, jangan lihat bimbel tersebut hanya dari satu sisi, namun lihatlah dari kedua sisinya, yaitu lihat dari persentase tingkat kelulusan dan jumlah siswa yang mengikuti bimbel tersebut.

2.        Lihatlah siapa yang menjadi pengajar pada bimbel tersebut. Tidak masalah bimbel tersebut diajar oleh mahasiswa STAN, atau guru yang memang ahli dibidang TPA dan Bahasa Inggris, yang penting mereka professional dan memang berniat membantu atau bukan hanya sekedar untuk mencari keuntungan semata.

3.       Jika Teman-teman sudah menemukan target bimbel yang akan diikuti, perbanyaklah mencari informasi tentang bimbel tersebut kepada orang-orang yang pernah mengikuti bimbel tersebut, mulai dari kondisi saat belajar mengajar berlangsung, sampai fasilitas yang disediakan. Jika pendapat orang-orang tersebut bagus, ikutilah bimbel tersebut.

4.       Saat sekarang ada beberapa bimbel yang memeberikan jaminan uang kembali. Prinsipnya adalah, jika Teman-teman tembus STAN, maka harus membayar sejumlah uang (biasanya tarifnya berkisar 5 – 10 juta Rupiah atau bahkan lebih), dan jika tidak lulus maka tidak dikenakan biaya. Ada juga yang disaat kita mulai belajar pada bimbel tersebut kita harus mensetor uang sekian juta rupiah, jika kita tidak lolos uang kita akan dikembalikan sekian persen sesuai kesepakatan. Masalah ini, saya tidak akan membahas begitu dalam, karena takutnya nanti bisa mematikan usaha orang lain J, dan berfikir cerdaslah dalam memilih. Jika Teman-teman mampu, silahkan ikuti, jika tidak mampu tidak usah ikut. Jangan sampai orang tua Teman-teman menggadaikan rumah atau sawah hanya untuk membiayai bimbel, walaupun ada jaminan namun semuanya tetap tidak ada yang namanya PASTI.

Ok, itulah sedikit tips dan trik untuk memilih bimbel yang tepat, saya tidak akan merekomendasikan bimbel apapun di sini, yang penting pilihlah sesuai tips di atas, berdasarkan keyakinan, dan sesuai kemampuan finasnsial Teman-teman J.

Sekarang, saatnya kita bahas ‘penting atau tidak pentingnya’ mengikuti bimbel persiapan USM STAN.

Tau gak sich, Bimbel itu penting lhoo…!!
Teman-teman, ada beberapa tipe orang dalam belajar, yaitu ada yang suka belajar sendiri karena katanya bisa lebih fokus, namun ada juga yang lebih suka belajar kelompk karena bisa saling berbagi dan saling share ilmu. Terserah Teman-teman termasuk tipe yang mana, yang jelas jika kita mengikuti bimbel, materi yang kita pelajari bisa terkontrol, dan jika mengalami kesulitan ada orang tempat kita bertanya. Selain itu dengan mengikuti bimbel Teman-teman juga bisa mempelajari berbagai ilmu atau trik-trik cepat dalam menyelesaikan masalah (soal tes). Selain itu teman-teman juga tidak akan merasa jenuh dalam belajar, karena rata-rata guru-guru bimbel itu orangnya ramah-ramah dan tentunya cerdas.

Tapi, tau gak sich, Bimbel itu gak penting-penting amat lho…!!
Jika teman-teman hanya memfokuskan diri saat bimbel saja, tanpa mengulangi lagi di rumah, maka bimbel itu hanya akan sia-sia saja dan hanya akan menghabiskan banyak uang. Karena seberapa bagusnya bimbel tersebut, dan Teman-teman selalu mendapat trik-trik mudah dalam mengerjakan soal-soal, tetapi hanya mengandalkan belajar di tempat bimbel tanpa mengulang di rumah, itu benar-benar tidak ada artinya. Mendingan belajar sendiri aja, jadi tidak menghabiskan banyak uang.

Pesan : “Penting atau tidak pentingnya mengikuti sebuah bimbel tergantung Anda dalam menyikapinya, jadi belajarlah dewasa untuk memutuskan sesuatu, pikirkan matang-matang sebelum bertindak, dan jangan pernah yang namanya ikut-ikutan, karena kasihan juga orang tua Anda yang mengeluarkan rupiah hanya untuk membiayai bimbel, sedangkan Anda tidak serius untuk mengikutinya. Jadi, cerdaslah…!!”.


Walaupun Saya bukan Staff apalagi pemilik Bimbel, tapi saya akan merekomendasikan sebuah bimbel yang menurut Saya cukup bagus, bimbelnya adalah 'Bimbel Infinity', yang berlokasi di Bintaro (Dekat Kampus STAN), Silahkan Informasi Selengkapnya "Klik Disini"


***






"Say No to Copas"

0 komentar: