Campur-Camour. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 19 Mei 2014

Tips & Trik Lulus Tes Tulis USM STAN

P    Pada Tips kali ini Penulis akan memfokuskan membahas persiapan sebelum dan disaat Tes Tulisberlangsung pada USM STAN.

Ok langsung saja, Let’s Go… J  

     1.       Trik dalam memanajemen waktu

tahukah  Teman-teman jumlah soal dalam tes tulis, dan waktu yang disediakan…??
Ok, jumlah soal dalam  tes tulis, yaitu 180 butir soal, yang terdiri dari 120 butir TPA (Tes Potensi Akademik), dan 60 butir untuk Bahasa Inggris, sedangkan waktu yang di sediakan hanya 150 menit atau 2.5 jam. Jika dirata-ratakan, satu soal harus dijawab dalam waktu 50 detik atau 0.8 menit. Gimana… Apakah Teman-teman sanggup…??
Yaa sanggup lah, tapi jangan salah, karena ada juga yang muntah dibuatnya. Lalu apa yang harus dilakukan dengan waktu yang super singkat itu…??.

a.       Teman-teman harus menyiapkan paling kurang 2 bh pensil 2B yang kedua ujungnya telah diruncingkan dari rumah.
Loohh kok gitu…? Ya  iyalah. Coba bayangkan Teman-teman hanya membawa 1 bh pensil, dan tiba-tiba disaat ujian berlangsung pensil tersebut patah atau tumpul, lalu Teman-teman harus meruncingkan kembali. Pertanyaannya, berapa waktu yg  terbuang hanya untuk meruncingkan pensil ?, dan Teman-teman termasuk orang-orang  yang merugi.  Selain itu, Teman-teman harus berlatih menghitamkan jawaban di rumah, semakin cepat dalam menghitamkan lembar jawaban semakin bagus, dan semakin hemat waktu. Dan juga jangan lupa juga bawa perlengkapan lainnya, seperti penghapus, penggaris, kertas hvs kosong (sebagai kertas buram, karena disaat tes biasanya tidak disediakan kertas tersebut, dan pengalaman saya halaman kosong pada naskah soal tidak akan cukup sebagai buram).

b.      Teman-teman harus mengetahui berapa menit waktu untuk mengerjakan soal-soal  TPA, dan berapa menit untuk Bahasa Inggris. Karena antara soal TPA dan Bahasa Inggris itu diberi pembatas, jadi Teman-teman tidak boleh mengerjakan Bahasa Inggris terlebih dahulu sebelum diberikan aba-aba oleh pengawas, atau dengan kata lain, Teman-teman harus mengerjakan terlebih dahulu soal-soal TPA.
 Jika dihitung Teman-teman punya waktu 100 menit untuk soal TPA, dan 50 menit untuk Bahasa Inggris. INGAT LHO…!! Itu waktu sudah termasuk pajak, alias sudah termasuk waktu yang digunakan untuk menghitamkan lembar jawaban. Makanya di atas saya minta untuk berlatih menghitamkan lembar jawaban.
Ok, begini saja… Anggap waktu yang dibutuhkan untuk menghitamkan lembar jawaban adalah maksimal 10 menit, berarti Teman-teman cuma punya waktu 95 menit untuk menyelesaikan soal TPA, dan 45 Menit untuk menyelesaikan soal Bahasa Inggris. Untuk itu, jika Teman-teman sering berlatih menghitamkan lembar jawaban, teman-teman bisa lebih cepat.

Sekedar untuk Teman-teman ketahui, walaupun nantinya pengawas mengatakan  “waktu untuk mengerjakan soal TPA sudah habis, sekarang kerjakan Bhs. Inggris, dan tidak boleh mengerjakan TPA lagi…!”. Bagi saya itu hanya gertakan semata, tidak usah terlalu dihiraukan. Setelah anda menyelesaikan Bahasa Inggris dan ternyata masih ada waktu tersisa, silahkan kerjakan lagi soal TPA yang msih kosong.

2.       Ketika soal ujian sudah dibagikan, dan sudah di atas meja masing-masing, jangan sesekali langsung membuka lembar soal tersebut. Hal yang pertama harus Teman-teman  lakukan adalah pejamkan mata Teman-teman, hirup nafas kira-kira 3 kali, dan berdoa, sambil membayangkan orang-orang yang Teman-teman sayang seperti keluarga begitu berharap Teman-teman untuk lulus USM STAN seraya memberikan do’a kepada Teman-teman, dan bayangkan Teman-teman sekarang sudah berada di depan gerbang STAN, dan Teman-teman hanya butuh beberapa langkah lagi untuk memasukinya.
Hal ini berguna untuk menenangkan diri Teman-teman dan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Perlu diingat, sebelum detak jantung Teman-teman stabil, jangan coba-coba membuka lembar soal ujian tersebut.
Bagi yang beragama Islam, saya akan coba menshare do’a yang saya baca waktu tes tulis dahulu. Pertama bacalah Ayat Kursi, dan selanjutnya baca Surat Al-Fatihah, terus bacalah Surat Al-Ikhlas, dan terakhir berdo’a meminta petunjuk, dan dimudahkan dalam ujian tersebut kepada Allah. Tapi ingat, berdo’anya jangan terlalu lama yaa, nanti Teman-teman malah berdo’a pula sampai satu jam. J
Untuk yang beragama selain Islam, berdo’alah dengan sungguh-sungguh sesuai kepercayaan masing-masing.

3.       Tebarkanlah Psywar pada saingan Teman-teman di kelas tersebut.
loohh….  Bagaimana caranya?
Kalau saya, melakukannya dengan cara bergoyang ria di dalam kelas tersebut…!!
Hahahaha…. Gak lah, Cuma sekedar terlihat happy, dengan menggoyang-goyangkan kepala, seperti lagi dengerin musik sambil jawab soal. lalu anda pasti bertanya.
 “Lalu efeknya apa?”. Saya jawab juga dengan pertanyaan, jika Teman-teman sedang pusing mikirin jawaban soal, terus Teman-teman melihat di samping atau depan Teman-teman seseorang seperti tanpa beban, dia bergoyang ria, bagaimana perasaan Teman-teman?, apakan Teman-teman akan merasa down?, apakah Teman-teman akan berfikir, waahh jadi ini saingan saya, dia keliatan begitu tenang, sedangkan saya….?, pasti kepercayaan diri Teman-teman akan berkurang.
Tapi sebenarnya trik ini tidak begitu berpengaruh pada kelulusan Teman-teman, karena yang menentukan  kelulusan adalah jumlah jawaban yang benar, bukan jumlah orang yang Teman-teman kalahkan. Oleh sebab itu trik ini hanya untuk mencairkan ketegangan saja.

4.       Jangan sekali-sekali Teman-teman mencontek.
Pikirkan dalam benak Teman-teman jika semua orang dalam kelas tersebut semuanya GOBLOK, dan pikirkan hanya Teman-temanlah yang mampu menyelesaikan soal-soal tersebut. Dengan begitu kepercayaan diri Teman-teman akan meningkat, dan tidak akan pernah menyontek, karena belum tentu orang yang Teman-teman contek itu pintar, dan selain itu mencontek memakan banyak waktu, dan bisa jadi Teman-teman akan dikeluarkan dari kelas oleh pengawas jika ketahuan mencontek. Rugi sendiri kan…? Padahal belum tentu juga yang dicontek itu benar. J

5.       Jangan lupa bawa jam tangan.
Karena saat ini sudah ada Ponsel dan kalkulator yang berupa jam tangan, dan kemungkinan pengawas akan melarang Teman-teman membawa jam tangan ke ruang ujian. Oleh sebab itu bawalah jam tangan biasa, dan perlihatkan jam tangan tersebut kepada pengawas, serta yakinkan kalau jam tangan tersebut bukan ponsel atau kalkulator. Ini sangat penting untuk dilakukan, karena dengan adanya jam tangan Teman-teman akan tahu berapa waktu tersisa, sehingga manajemen waktu yang telah direncanakan akan berjalan lancar.

6.       Yang terakhir, Teman-teman harus mengetahui kalau dalam USM STAN tidak seperti ujian-ujian pada umumnya, dalam USM STAN Teman-teman di tuntut untuk menjawab dengan benar minimal 1/3 dari jumlah masing-masing soal (TPA dan bahasa Inggris). Untuk lebih jelasnya sudah dibahas dalam cerita ataupun tips-tips sebelumnya. Ini Cuma sekedarkan mengingatkan kembali.


Ok, tips dan trik untuk menghadapi tes tulis cukup sekian, silahkan ikuti tips-tips selanjutnya. J   

***










"Say No To Copas"

Sumber Gambar : http://www.infousmstan.net/

0 komentar: