Campur-Camour. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 08 Mei 2014

Strategi Jitu Menguasai Materi USM STAN

Teman-teman semuanya… Tips yang akan dibahas kali ini adalah “Bagaimana Cara Mudah Menguasai Materi USM STAN”. 
 
Oh ya, pertama yang harus diingat. Jangan pernah berpikir jika Teman-teman akan lulus USM STAN itu tanpa ada persiapan. Yaa… walaupun ada yang lulus tanpa persiapan, semua itu  terjadi karena keberuntungan atau memang benar-benar jenius, tapi kemungkinannya sangat kecil. Sekali lagi 'Sangat kecil sekali'.

Oleh karena itu, supaya peluang teman-teman semakin besar atau tidak hanya mengharapkan faktor keberuntungan, saya akan memberikan panduan untuk teman-teman semua. 

Silahkan simak tips berikut dan pahami dengan hati yang bersih dan ikhlas…. J
Oh ya, tahukah teman-teman materi apa saja yang diujikan dalam USM STAN…??
Untuk materi TPA, jenis soal apa saja yang diujikan…??
Untuk Bahasa Inggris, jenis soal apa saja…??
Jika sudah mengetahui semua itu, maka teman-teman akan gampang dalam melakukan tips ini. Namun jika belum, silahkan simak penjelasan berikut.

Berpedoman kepada USM STAN edisi 2 tahun terakhir, komposisi soal USM STAN yang diujikan adalah sebagai berikut :

1.       Tes Potensi Akademik (TPA)
Pada soal TPA ini, ada 10 jenis atau bentuk soal yang diujikan, yaitu ;
a.       Kosakata ± 6 soal
b.      Sinonim ± 5 soal
c.       Antonim ± 5 soal
d.      Analogi ± 9 soal
e.      Pemahaman Bacaan ± 10 soal
f.        Kemampuan Kuantitatif ± 49 soal
g.       Kemampuan Penalaran ± 14 soal
h.      Silogisme ± 7 soal
i.         Barisan Logika ± 10 soal
j.        Tes Gambar ± 5 soal

2.       Bahasa Inggris
Jika pada TPA ada 10 jenis soal, pada Bahasa Inggris hanya diujikan 3 jenis atau bentuk soal, yaitu ;
a.       Structure and Writen Expression ± 30 soal 
b.      Error Recognition ± 10 soal
c.       Reading ± 20 soal

Ok… untuk selanjutnya, silahkan simak tips berikut ini.

Pertama, silahkan berselancar di internet, dan kumpulkan semua soal yang berhubungan dengan 13 materi di atas. Mulai dari soal-soal SNMPTN, UMB (Ujian Masuk Bersama), USM baik itu STAN, STIS, dan sekolah kedinasan lainnya, serta bank sinonim, antonim, dan kosakata. Silahkan ambil semua soal tersebut, dan silahkan di print soal-soal tersebut, atau juga bisa dibuka lewat komputer di rumah masing-masing.

Kedua, pelajari soal-soal tersebut berdasarkan jenisnya. Dengan kata lain, kuasai soal-soal tersebut per materi, bukan per paket soal USM STAN. Misalkan hari ini, teman-teman pelajari jenis soal kosakata, besoknya pelajari sinonim dan antonim, hari berikutnya pelajari analogi, dan seterusnya. Silahkan matangkan pemahaman teman-teman per materi.

Ketiga, setelah selesai dibahas dan dipelajari masing-masing jenis soal dan merasa sudah paham, silahkan download soal USM STAN dari tahun-tahun sebelumnya atau teman-teman bisa membeli buku panduan untuk USM STAN. Semuaya bisa teman-teman dapatkan di blog saya ini "KLIK DISINI" , setelah itu silahkan Try Out sendiri menggunakan soal-soal tersebut, dan setelah itu silahkan dibahas dengan cara melihat kunci jawaban. Ingat, kerjakan seluruh soal setelah itu baru lihat kunci soal, jangan pernah melihat pembahasan disaat mengerjakan soal.

Keempat, tandai jenis soal mana yang teman-teman rasa masih terlalu sulit dan belum paham. Setelah itu pelajari lagi, atau bisa ditanyakan sama guru atau orang yang ahli dibidangnya. Jika sudah, silahkan Try Out sendiri dengan menggunakan paket soal USM STAN, dan silahkan lihat apakah ada peningkatan atau tidak. 

Terakhir, lakukan hal di atas secara berulang-ulang, dan jika berhasil jangan cepat puas, dan terus berlatih dan terus meningkatkan perolehan poin pada Try Out. Tekadkan target yang harus teman-teman capai dalam persiapan, misalnya targetnya adalah jawaban benar 100 soal TPA dan 30 soal Bahasa Inggris. Jika sudah mencapai target tersebut, jangan berpuas diri, dan tetap refresh materinya sampai pelaksanaan USM STAN yang sesungguhnya.

                Ok… itulah sedikit tips untuk kali ini, nanti kita akan lanjutkan ke tips selanjutnya yang tidak kalah hebatnya. Tetap semangat, dan raihlah mimpimu dengan tangan sendiri’.

***







"Say No To Copas"


Sumber Gambar : http://www.kampus-info.com/

0 komentar: