Campur-Camour. Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 24 Mei 2014

Tips dan Trik Lulus Tes Kesehatan dan Kebugaran USM STAN

            Pada Tips sebelumnya kita sudah membahas tentang tips menghadapi USM STAN kategori Tes Tulis, dan sekarang saatnya kita akan membahas tentang Tes Kesehatan dan Kebugaran. Syarat utama untuk bisa mengikuti Tes Kehatan dan Kebugaran ini adalah lulus Tes Tulis, jika Tes Tulis tidak lulus, maka Teman-teman tidak akan bisa mengikuti Tes Kesehatan dan Kebugaran ini. 

Ok, kita akan bahas satu persatu dari Tes Kesehatan dan Kebugaran ini.
 1.       Tes Kesehatan
Pada tahap ini, Teman-teman akan diperiksa seperti pemeriksaan kesehatan biasa. Teman-teman akan diukur tinggi dan berat badan, terus diperiksa tekanan darah, detak jantung, periksa gigi, mulut, telinga, hidung, dan tes mata.

Tips untuk tes ini adalah Teman-teman tentunya harus selalu menjaga kesehatan tubuh, kalau perlu seminggu sebelum tes dilaksanakan teman-teman bisa membersihkan karang gigi, membersihkan kotoran telinga, dan lain sebagainya ke rumah sakit terdekat. Namun, ini tidak begitu penting untuk dilakukan, karena menurut saya jika tidak terlalu kotor, yaa bisa dibersihkan sendiri.

Yang paling penting, disaat dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter di tempat tes, usahakan menunjukkan sikap bersahabat. Disaat memasuki ruang pemeriksaan, ucapkan salam, dan senyum, lalu usahakan berjabat tangan dengan dokternya seraya memeperkenalkan diri.   Namun, perlu diingat, jangan terlalu berlebihan, karena jika berlebihan akan terkesan mencari muka atau “menjilat”, dan semua orang benci terhadap perilaku tersebut. Yaa… silahkan seperlunya saja.

2.       Tes kebugaran.
Tes Kebugaran terdiri dari 2 tahap, yaitu :

a.       Tes ketahanan fisik, yaitu lari mengelilingi lapangan bola selama 12 menit. Yang menjadi penilaian pada tahap ini adalah jarak yang bisa ditempuh selama 12 menit tersebut.

b.      Tes Kecepatan, yaitu lari membentuk angka 8 diantara 2 buah tiang yang berjarak ± 5 meter atau yang biasa dikenal dengan nama Shuttle run.

Lalu, berapa minimal jarak tempuh dan waktu yang harus dicapai pada kedua tes tersebut…??
Semuanya masih misteri, dan tidak ada yang tahu, kecuali Tuhan dan panitianya, dan anehnya lagi mereka tidak pernah mempublikasikan tentang hal tersebut (namun bisa diperkirakan jarak tempuh aman untuk bisa lulus tes ketahanan fisik adalah minimal 2.5 KM). Namun, yang pasti dalam tes tersebut target yang harus dicapai antara peserta laki-laki dan perempuan adalah sama. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak peserta perempuan yang gugur pada tahap ini. 
Terus bagaimana tips dan triknya supaya bisa mencapai hasil yang maksimal…??

Ok, saya akan coba berbagi tips berdasarkan pengalaman sendiri. Berikut tips dan triknya.

1.       Selalu menjaga kesehatan mulai dari tes tahap pertama (Tes Tulis) dengan cara mengkonsumsi makanan berserat tinggi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan lain sebagainya. 

2.       Luangkan waktu untuk olahraga, minimal jogging secara rutin setiap pagi dan sore minimal masing-msing 10 menit, dan terus meningkatkan capaian dari hari ke hari minimal sebulan sebelum tes dilaksanakan.

3.       Bagi yang merokok, usahakan perbanyak minum susu untuk menetralisir racun-racun dari rokok tersebut, dan saya sangat yakin dan percaya Teman-teman yang perokok tidak akan kuat berlari selama 12 menit tanpa ada persiapan, karena Teman-teman tidak hanya berhadapan dengan jarak tempuh yang harus dicapai, tapi juga berhadapan dengan cuaca yang panas, karena biasanya tes ini dilakukan mulai jam 10.00 pagi disaat matahari mulai terik, dan Teman-teman sangat beruntung jika pada hari tersebut cuaca mendung. Oleh sebab itu, saya menyarankan bagi perokok untuk berhenti total merokoknya minimal seminggu sebelum tes dilaksanakan.

4.       Pastikan Teman-teman  sarapan sebelum mengikuti tes ini, dan lakukan pemanasan atau pergangan sesaat sebelum tes dilaksanakan. Ini penting untuk dilakukan, karena jika teman-teman langsung berlari tanpa pemanasan, otot-otot kaki akan keram, dan itu akan sangat mengganggu penampilan Teman-teman dalam tes ini.

Inilah beberapa tips dan trik dalam mengahadapi tes kebugaran. Jika teman-teman melaksanakannya dengan sungguh-sungguh, maka hasilnya tentu akan maksimal.  

Perhatian : “Lakukan Tes Kebugaran ini dengan sungguh-sungguh, dan lakukanlah semaksimal yang Teman-teman bisa, karena kita tidak mengetahui berapa target yang harus kita capai, namun yang jelas antara peserta laki-laki dan perempuan targetnya sama. Tetap semangat, dan disaat berlari, bayangkan di depan Teman-teman terpampang jelas gerbang STAN, dan berusahalah mengejar, sampai Teman-teman bisa memasukinya (Finish). Good luck…!! ”

***







"Say No to Copas"  

Sumber Gambar : http://www.infousmstan.net/

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Terimakasih infonya kak! Semoga saya bisa melaluinya..