Campur-Camour. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 01 Mei 2014

Memilih Waktu yang Tepat Untuk Persiapan USM STAN


Baiklah kali ini Saya akan berbagi tips memilih waktu belajar yang tepat untuk persiapan USM STAN.

Are You Ready…?

 Let’s Go… :)

Ok, tips ini adalah murni apa yang saya lakukan pada waktu itu. Yaa… tips yang cukup spele tapi sangat efektif untuk dilakukan.

Teman-teman, USM STAN itu ibarat sebuah peperangan yang hanya ada dua kemungkinan, yaitu menang atau kalah. Musuh kita juga tidak satu atau dua orang, tapi puluhan bahkan ratusan ribu orang, dan persentase kemungkinan kita untuk menang itu tidak lebih dari 5%. Yaa… angka yang cukup besar bagi orang yang optimis, namun sebaliknya bagi orang yang selalu bersikap pesimis. Bahkan orang yang selalu pesimis, mereka akan cendrung mundur sebelum berperang.

Ok… jika seandainya kita ingin memenangkan peperangan, tentu kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dong, gak bisa hanya dengan tangan kosong atau tanpa persiapan sama sekali. Kita harus mempersiapkan senjata dan mengenal medan peperangannya.

Senjatanya tentu saja kumpulan soal-soal USM STAN tahun-tahun sebelumnya, sedangkan mengenali medan peperangan adalah dengan cara menganalisa tipe-tipe soal USM tahun sebelumnya, karena kecendrungan soal-soal USM STAN itu hampir mirip dari tahun ke tahun.

Untuk mendapatkan senjatanya, teman-teman bisa mendownload secara gratis di http://www.alfinsyah-putra.blogspot.com , dan tentunya setelah kita mendapatkan senjatanya, kita harus latihan dengan senjata itu, supaya terbiasa. Sehingga kita akan mudah menggunakannya disaat peperangan yang sesungguhnya.
Sekarang, saya akan berbagi bagaimana caranya latihan yang tepat, tidak memakan banyak waktu, dan sangat efektif. :)

Teman-teman semua, saya yakin jika teman-teman sudah menginjak kelas XII atau kelas 3 SMA, pasti jadwal sekolahnya sangat padat, belajar dari pagi sampai sore, bahkan ada yang ekstra hari minggu, dan saya yakin pasti teman-teman bertanya, “kapan waktu saya belajar untuk persiapan USM STAN…? Dari pagi sampai sore belajar di sekolah, pulang sekolah capek, dan langsung tidur, paginya bangun dan kembali persiapan untuk ke sekolah. Saya gak punya waktu untuk belajar yang lain, bahkan untuk membantu orang tua saja saya gak sempat”. Benar begitu, bukan?

Ok… beginilah tips yang menurut saya sangat mujarab, entahlah kalau menurut teman-teman, karena setiap manusia memiliki kebiasaan yang berbeda-beda .

Teman-teman pulang sekolah, anggaplah pukul 17.00, lakukanlah apa yang mau teman-teman lakukan, mau masak silahkan, mau main game silahkan, mau nonton silahkan, mau apa saja terserah, tapi jangan belajar lagi. Ingaat… jangan belajar lagi, karena itu hanya akan membuat teman-teman merasa semakin jenuh dan muak.

Pukul 18.30 WIB waktunya persiapan sholat maghrib untuk daerah Sumatera Barat dan sekitarnya (sesuaikan saja waktu di daerah masing-masing yaa…!!), bagi yang muslim silahkan sholat magrib, dan bagi yang non muslim mungkin persiapan makan malam atau mau mandi dulu silahkan.

Setelah selesai sholat magrib, dan makan malam silahkan kalau mau merefresh pelajaran sekolah, kalau ada tugas, silahkan kerjakan pada waktu ini, dan usahakan waktunya itu tidak lebih dari satu jam. Yaa… cukup satu jam saja , dan jangan lupa tunaikan sholat Isya, dan setelah itu langsung istirahat tidur. Ingaat… jangan begadang yaaa…!! Silahkan teman-teman stel alarm sekitar pukul 03.00 subuh waktu setempat.

Pukul 03.00 bangun, kalau mau bikin teh panas, dan silahkan berwudhu dan tunaikan sholat tahajjud (kalau saya biasanya menambah dengan sholat Hajjad) bagi yang muslim jangan lupa berdo’a minta apa saja yang teman-teman inginkan, dan bagi yang non muslim setelah cuci muka, mungkin bisa langsung menikmati sedapnya teh panas. Sekitar pukul 03.30, setelah melaksanakan sholat tahajjud barulah belajar mengerjakan soal-soal USM tersebut.

Teman-teman pasti merasakan hal yang sangat luar biasa pada saat itu, setelah “menangis” berdo’a kepada Allah, lalu belajar di pagi yang sangat sepi dan sunyi. Konsentrasi pasti full saat itu, dan silahkan belajar sampai waktunya persiapan untuk sholat subuh.

Setelah sholat subuh, terserah teman-teman mau ngapain, mau persiapan sekolah silahkan, mau masak dulu untuk keluarga juga silahkan, atau bahkan mau melajutkan belajarnya juga boleh.

Pastinya pagi itu berangkat sekolah sangat segar dan fresh seperti iklan sabun , dijamin tidak bakal ngantuk lagi saat di kelas.

Nah, teman-teman. Itulah yang dinamakan dengan managemen waktu, awalnya sih memang susah untuk dilakukan, tapi setelah terbiasa pasti akan lebih enak dirasakan.
Lalu bagaimana teknik belajar USM STAN tersebut…?

Nantikan tips-tips selanjutnya…

Ok… selamat mencoba dirumah.

***






"Say No To Copas"

Sumber Gambar : http://qurathun.blogspot.com/


0 komentar: